PENGEMBANGAN INSTRUMEN TEKNIK SINEMA EDUKASI UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN MULTIKULTURAL SISWA KELAS XI DI SMA ISEN MULANG PALANGKA Raya

Ira Iryani, AFB115018 and Drs. Merson U Sangalang, M.Pd, 195402171980031003 and Mimi Suriatie, S.Pd.,M.Pd, 198205272006042001 (2020) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TEKNIK SINEMA EDUKASI UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN MULTIKULTURAL SISWA KELAS XI DI SMA ISEN MULANG PALANGKA Raya. S1 thesis, UNIVERSITAS PALANGKA RAYA.

[img] Text (S1-2020-AFB115018-complete)
S1-2020-AFB115018-complete.pdf

Download (5MB)
[img] Text (S1-2020-AFB115018-title)
S1-2020-AFB115018-title.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB) | Request a copy
[img] Text (S1-2020-AFB115018-tableofcontent)
S1-2020-AFB115018-tableofcontent.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB) | Request a copy
[img] Text (S1-2020-AFB115018-abstract)
S1-2020-AFB115018-abstract.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB) | Request a copy
[img] Text (S1-2020-AFB115018-introduction)
S1-2020- AFB115018-introduction.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (473kB) | Request a copy
[img] Text (S1-2020-AFB115018-conclusion)
S1-2020- AFB115018-conclusion.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB) | Request a copy
[img] Text (S1-2020-AFB115018-bibliography)
S1-2020- AFB115018-bibliography.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan panduan pelatihan kesadaran multikultiral siswa dengan teknik sinema edukasi. Panduan yang dikembangkan, dinyatakan layak digunakan berdasarkan validasi oleh ahli materi dan ujicoba siswa SMA Isen Mulang Palangka Raya, agar dapat memudahkan siswa dalam memahami kesadaran multikultural dari segi pengetahuan, kesadaran, dan keterampilan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dan mengacu pada Borg & Gall. Tahapan yang dilakukan untuk menghasilkan panduan pelatihan kesadaran multikultural sebagai berikut : a) tahap pengumpulan informasi; b) tahap perencanaan; c) tahap pengembangan; d) tahap validasi dan ujicoba. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan instrumen/kuesioner. Instrumen/kuesioner yang dianalisis secara deskriptif. Subjek ujicoba dalam penelitian pengembangan ini adalah subjek ahli materi serta subjek siswa kelas XI SMA Isen Mulang Palangka Raya sebagai calon pengguna produk. Hasil penelitian menunjukan bahwa, pada validasi ahli materi, dapat diketahui skor berjumlah 80, rerata skor 3,6, rentang skor 67,00 < X ≤ 83,00 dalam kategori baik, Uji coba mahasiswa perorangan dapat diketahui skor berjumlah 151,06, rerata skor 4,9 rentang skor 67,00 < X ≤ 83,00 dalam kategori sangat baik, Uji coba kelompok kecil pre-test 1288 dan post-test 1467 dikategorikan tinggi. Hasil uji hipotesis taraf kepercayaan α = 5 % dengan dk = 8-1 diperoleh t table = 2,262. Besarnya t hitung = 10,232 melebihi harga t table; 5% yakni 2,262. Dapat disimpulkan bahwa data kesadaran multikultural signifikan dan hipotesisi penelitian (ha) dapat diterima. Dengan demikian bimbingan kelompok teknik sinema edukasi dapat meningkatkan kesadaran multikultural siswa kelas XI SMA Isen Mulang Palangka Raya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok Teknik Sinema Edukasi, Kesadaran Multikultural
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Bimbingan Konseling
Depositing User: ira iryani ira
Date Deposited: 20 Jan 2020 10:19
Last Modified: 20 Jan 2020 10:19
URI: http://repository.upr.ac.id/id/eprint/84

Actions (login required)

View Item View Item