APLIKASI SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN SISWA PENERIMA BEASISWA BERPRESTASI BERBASIS WEBSITE DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING PADA SMAN-2 KAHAYAN TENGAH

Oktafiani, DBC113003 and Abertun S. Sahay, S.T., M.Eng, 197512122003121002 and Nahumi Nugrahaningsih, S.T.,M.T.,Ph.D, 198109292006042001 (2020) APLIKASI SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN SISWA PENERIMA BEASISWA BERPRESTASI BERBASIS WEBSITE DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING PADA SMAN-2 KAHAYAN TENGAH. S1 thesis, Universitas Palangka Raya.

[img] Text
S1-2013-DBC113003-Skripsi.pdf

Download (7MB)

Abstract

APLIKASI SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN SISWA PENERIMA BEASISWA BERPRESTASI BERBASIS WEBSITE DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING PADA SMAN-2 KAHAYAN TENGAH OKTAFIANI (NIM. DBC 113 003) Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Palangka Raya Kampus Tanjung Nyaho Jl. Yos Sudarso Palangka Raya 73112 E-mail: Oktafianii428@gmail.com ABSTRAK Pemilihan siswa penerima beasiswa berprestasi di SMAN-2 Kahayan Tengah dilakukan untuk mengapresiasi siswa yang berprestasi agar lebih termotivasi untuk lebih berprestasi dan untuk siswa lainnya agar terpacu untuk lebih giat dan aktif dalam kegiatan belajar. Saat ini penentuan prestasi siswa dan siswi yang berprestasi mengalami beberapa kendala dan cenderung memakan waktu yang relatif lama, hal ini di sebabkan karena proses penentuan siswa dan siswi yang unggul dalam prestasi masih manual, sehingga hasil yang didapat belum objektif. Jika masih menggunakan sistem manual akan menyebabkan tidak amannya suatu data yang akan mempersulit dikemudian, jika data tersebut dicari kembali. Oleh karena itu, diperlukan media atau sistem yang dapat membantu dalam pengambilan keputusan. Dalam membangun sistem informasi berbasis website dapat menerapkan metode simple additive weighting (SAW) dalam pembuatannya. Metode pengembangan perangkat lunak yang digunakan dalam pembuatan sistem penunjang keputusan pemilihan siswa berprestasi menggunakan metode simple additive weighting pada SMAN-2 Kahayan Tengah ini adalah metode Waterfall menurut Sommerville (2011) yang mencakup 5 (lima) tahapan yaitu requirement definition, system and software design, implementation and unit testing, integration and system setting, operation and maintenance. Pemodelan yang digunakan pada tahap perancangannya dengan menggunakan Data Flow Diagram (DFD) yang mencakup pembuatan Diagram Konteks, DFD Level 1, DFD level 2 serta Entity Relationship Diagram (ERD). Pembuatan dan perancangan aplikasi ini dilakukan dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP, SQLyog, dan XAMMP sebagai server. Dari hasil penelitian didapat bahwa pencarian alternatif optimal dengan metode ini menghasilkan data yang dapat menunjang pihak Sekolah dalam pengambilan keputusan pemilihan siswa penerima besiswa berprestasi karena metode matematis ini terdapat pengujian secara statistik dengan melihat nilai kriteria yang diberikan sebelumnya terhadap alternatif. Penerapan sistem ini dapat mengurangi terjadinya kekeliruan pada penilaian alternatif, mempermudah pelaksaan diseluruh tahapan serta sistem menjadi lebih efisien dari pada sistem tradisional. Kata-kata Kunci: SMAN-2 Kahayan Tengah, Sistem Pendukung Keputusan, Pemilihan Siswa Penerima Beasiswa Berprestasi, Simple Additive Weighting, Waterfall.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: SMAN-2 Kahayan Tengah, Sistem Pendukung Keputusan, Pemilihan Siswa Penerima Beasiswa Berprestasi, Simple Additive Weighting, Waterfall.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Informatika
Depositing User: oktafiani oktafiani oktafiani
Date Deposited: 18 Jan 2020 08:35
Last Modified: 18 Jan 2020 08:35
URI: http://repository.upr.ac.id/id/eprint/59

Actions (login required)

View Item View Item