Pembelajaran matematika saat ini?

Mairing, Jackson Pasini (2013) Pembelajaran matematika saat ini? SNMA 2013. pp. 279-286. ISSN 978-602-14413-0-5

[img] Text
jacksonmairing_SNMA_2013.pdf - Published Version

Download (999kB)

Abstract

Matematika merupakan ilmu yang memiliki peranan penting dalam kehidupan sehari-hari dan menjadi basis bagi pengempangan Iptek. Pentingnya matematika ini tidak sejalan dengan bagaimana matematika tersebut dipelajari oleh siswa-siswa di sekolah. Saat ini, beberapa konsep matematika dipelajari siswa tanpa makna (sense). Padahal siswa yang memahami makna suatu konsep, ia akan lebih mampu menerapkan konsep tersebut dalam pemecahan masalah matematika dan lebih mampu dalam belajar sesuatu yang baru. Sebagai contoh, konsep rata- rata, median atau modus dipelajari siswa SMA hanya rumus/prosedurnya saja, tanpa makna dari ketiga statistik tersebut sebagai ukuran pemusatan. Selain itu, beberapa konsep matematika juga dipelajari tanpa pengaitan antar konsep. Padahal siswa yang mampu mengaitkan suatu konsep dengan konsep-konsep lainnya sehingga terbentuk skema, maka konsep tersebut akan lebih bertahan lama dalam pikirannya. Sebagai contoh, konsep jajargenjang dipelajari siswa SD maupun SMP tanpa pengaitan dengan konsep-konsep segiempat, persegipanjang, belahketupat dan persegi. Makalah ini mendiskusikan alternatif pembelajaran untuk beberapa konsep matematika dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pembelajaran tersebut.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran matematika, makna konsep, skema, pemecahan masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with email jp-mairing@math.upr.ac.id
Date Deposited: 16 Jan 2020 02:49
Last Modified: 16 Jan 2020 02:49
URI: http://repository.upr.ac.id/id/eprint/41

Actions (login required)

View Item View Item