IDENTIFIKASI KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI DI KELAS VIII SMPN 8 PALANGKA RAYA

Siti Mardiah, ACA112025 and Syahrianah Syahran, 19541122 198303 2 001 and Emy Artuti, 19710401 200501 2 002 (2020) IDENTIFIKASI KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI DI KELAS VIII SMPN 8 PALANGKA RAYA. S1 thesis, Universitas Palangka Raya.

[img] Text (S1-2020-ACA112025-complete)
S1-2020-ACA112025-complete.pdf

Download (5MB)
[img] Text (S1-2020-ACA112025-title)
S1-2020-ACA112025-title.pdf

Download (18kB)
[img] Text (S1-2020-ACA112025-tableofcontent)
S1-2020-ACA112025-tableofcontent.pdf

Download (164kB)
[img] Text (S1-2020-ACA112025-abstract)
S1-2020-ACA112025-abstract.pdf

Download (400kB)
[img] Text (S1-2020-ACA112025-introduction)
S1-2020-ACA112025-introduction.pdf

Download (146kB)
[img] Text (S1-2020-ACA112025-conclusion)
S1-2020-ACA112025-conclusion.pdf

Download (12kB)
[img] Text (S1-2020-ACA112025-bibliography)
S1-2020-ACA112025-bibliography.pdf

Download (8kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan siswa VIII SMPN 8 Palangka Raya dalam menyelesaikan soal materi relasi dan fungsi berdasarkan langkah menyelesaikan soal yang meliputi memahami soal, membuat rencana penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian, dan membuat kesimpulan. Penelitian ini menggunakan jenis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, yang dilaksanakan dengan melibatkan 35 siswa kelas VIII-2, pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020 di SMPN 8 Palangka Raya. Untuk mendapatkan data kuantitatif dilaksanakan tes pada siswa dengan menggunakan instrumen berupa lembar tes yang telah di validitas oleh tiga orang ratter yaitu dua orang Dosen Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Palangka Raya dan satu orang guru mata pelajaran matematika kelas VIII SMPN 8 Palangka Raya. Dari 4 butir soal yang di validitas, semuanya dinyatakan valid dan dapat digunakan untuk mengambil data penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat 4 siswa yang memiliki kriteria kesalahan rendah (11,42%), 9 siswa yang memiliki kriteria kesalahan sedang (25,71%), 16 siswa yang memiliki kriteria kesalahan tinggi (945,71%) dan 6 siswa yang memiliki kriteria kesalahan sangat tinggi (17,14%), dimana presentase kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal materi relasi dan fungsi jika ditinjau dari langkah penyelesaiannya adalah; 1) Kesalahan pada langkah memahami soal (dapat mengetahui maksud soal dengan menuliskan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan) persentase kesalahan – (karena guru di sekolah tersebut tidak membiasakan menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan). 2) Kesalahan pada langkahmerencanakan penyelesaian (dapat menentukan rumus yang digunakan serta menentukan langkah penyelesaiannya) persentase kesalahan 77,85% dengan kriteria tinggi. 3) Kesalahan pada langkah melaksanakan rencana penyelesaian (proses perhitungan aljabar yang tepat dan akurat sehingga menghasilkan jawaban yang benar), persentase kesalahan 92,85% dengan kriteria sangat tinggi. 4) Kesalahan pada langkah membuat kesimpulan dengan persentase kesalahan 93,57% dengan kriteria sangat tinggi

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Identifikasi Kesalahan Siswa, Relasi dan Fungsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Matematika
Depositing User: Agus Agus Miswan
Date Deposited: 20 Feb 2020 09:17
Last Modified: 20 Feb 2020 09:17
URI: http://repository.upr.ac.id/id/eprint/247

Actions (login required)

View Item View Item