HUBUNGAN KEPRIBADIAN PESERTA DIDIK DAN IKLIM SEKOLAH DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK-NEGERI 2 PALANGKA RAYA

Marsantoso, ACA 115 064 and Walter Punding, 19590609 198503 1 001 and Sugiharto, 19640322 199103 1 004 (2020) HUBUNGAN KEPRIBADIAN PESERTA DIDIK DAN IKLIM SEKOLAH DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK-NEGERI 2 PALANGKA RAYA. S1 thesis, Universitas UPR.

[img] Text (S1-2020-ACA 115 064-complate)
S1-2020-ACA_115064-complate[1].pdf

Download (8MB)
[img] Text (S1-2020-ACA 115 064-title)
S1-2020-ACA115064-title[1].pdf

Download (28kB)
[img] Text (S1-2020-ACA 115 064-tableofcontent)
S1-2020-ACA_115064-tableofcontent[2].pdf

Download (37kB)
[img] Text (S1-2020-ACA 115 064-abstrack)
S1-2020-ACA115064-abstrack[1].pdf

Download (225kB)
[img] Text (S1-2020-ACA 115 064-introduction)
S1-2020-ACA_115064-introduction[1].pdf

Download (54kB)
[img] Text (S1-2020-ACA 115 064-conclusion)
S1-2020-ACA115064-conclusion[2].pdf

Download (37kB)
[img] Text (S1-2020-ACA 115 064-bibliography)
S1-2020-ACA_115064-bibliography[2].pdf

Download (36kB)

Abstract

Marsantoso 2019."Hubungan Kepribadian Peserta didik Dan Iklim Sekolah Dengan Hasil Belajar Matematika Siwa Kelas X SMK Negeri 2 Palangka Raya”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengatahuan Alam, FKIP Universitas Palangka Raya. Pembimbing: (1) Drs.Walter Punding, M.Pd; (2) Dr. Sugiharto, M.Pd. Kata Kunci : Kepribadian Peserta didik, Iklim Sekolah, Hasil Belajar Matematika Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika sebagian besar peserta didik di kelas X SMK Negeri 2 Palangka Raya yang belum mencapai KKM, kurangnya kepribadian peserta didik dan ikim sekolah terhadap hasil belajar matematika. Hal tersebut membuat peneliti ingin mengetahui: 1) koefisien hubungan kepribadian peserta didik dengan hasil belajar matematika. 2) Koefisien hubungan iklim sekolah dengan hasil belajar matematika. 3) Koefisien hubungan kepribadian peserta didik dan iklim sekolah terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei tahun 2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMK Negeri 2 Palangka Raya tahun ajaran 2018/2019 semester genap yang terdiri dari 10 kelas dengan jumlah 360 peserta didik. Sampel penelitian ini adalah 190 peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini angket dan tes. Sebelum digunakan instrumen diuji di sekolah yang sama yaitu SMK Negeri 2 Palangka Raya. Dari hasil ujicoba diperoleh untuk angket kepribadian peserta didik dari 40 pernyataan 28 valid dengan koefisien reliabilitas sebesar r_11 = 0,93, sedangkan untuk iklim sekolah dari 40 pernyataan 31 valid dengan koefisien reliabilitas sebesar r_11 = 0,94, dan untuk tes hasil belajar matematika dari 40 soal 31 valid dengan koefisien reliabilitas r_11 = 0,89. Berdasarkan hasil uji prasyarat analisis statistik parametrik untuk uji normalitas data kepribadian peserta didik diperoleh χ2hitung = 2,61, data iklim sekolah diperoleh χ2hitung = 5,77, dan data hasil belajar matematika χ2hitung = 3,22, sedangkan nilai pada tabel sebesar χ2tabel = 12,59. Setelah nilai-nilai χ2hitung dibandingkan dengan nilai χ2tabel karena data kepribadian peserta didik dan iklim sekolah terhadap hasil belajar matematika memiliki nilai χ2hitung < χ2tabel, maka data ketiga variabel tersebut dinyatakan berdistribusi normal. Dari hasil pengujian hipotesis, dapat disimpulkan: (1) Ada hubungan positif kepribadian peserta didik terhadap hasil belajar matematika koefisien korelasinya sebesar r(x1y) = 0,19; (2) Tidak ada hubungan positif iklim sekolah dengan hasil belajar matematika, koefisien korelasinya sebesar r(x2y) = 0,05; (3) Ada hubungan positif kepribadian peserta didik dan iklim sekolah terhadap hasil belajar matematika , koefisien korelasinya sebesar R(yx1x2) = 0,19.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kepribadian peserta didik; Iklim sekolah; Hasil belajar siswa
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Matematika
Depositing User: Marsantoso Coco Yemie limit
Date Deposited: 20 Feb 2020 06:59
Last Modified: 20 Feb 2020 06:59
URI: http://repository.upr.ac.id/id/eprint/244

Actions (login required)

View Item View Item