ANALISIS MATERI AJAR KIMIA SMA/MA KELAS XI PADA KONSEP HIDROLISIS GARAM

Inda, ACC 115 032 and Dr. Abdul Hadjranul Fatah, M.Si, 19670307 199203 1 004 and Drs. H. Mulawi, M.Si, 19600706 198803 1 004 (2020) ANALISIS MATERI AJAR KIMIA SMA/MA KELAS XI PADA KONSEP HIDROLISIS GARAM. S1 thesis, Universitas Palangka Raya.

[img] Text (S1-2020-ACC115032-complete)
S1-2020-ACC115032-complete.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
S1-2020-ACC115032-title.pdf

Download (5kB)
[img] Text
S1-2020-ACC115032-tableofcontent.pdf

Download (28kB)
[img] Text
S1-2020-ACC115032-abstract.pdf

Download (145kB)
[img] Text
S1-2020-ACC115032-introduction.pdf

Download (272kB)
[img] Text
S1-2020-ACC115032-conclusion.pdf

Download (148kB)
[img] Text
S1-2020-ACC115032-bibliography.pdf

Download (260kB)

Abstract

ABSTRAK Inda. 2020. Analisis Materi Ajar Kimia SMA/MA Kelas XI Pada Konsep Hidrolisis Garam. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan MIPA, FKIP, Universitas Palangka Raya. Pembimbing (1) Dr. Abdul Hadjranul Fatah, M.Si, (2) Drs. H. Mulawi, M.Si Kata Kunci: Buku Teks, Label Konsep, Struktur Makro, Kesalahan Konsep (Miskonsepsi), Hidrolisis Garam Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kesesuaian label konsep hidrolisis garam pada materi ajar kimia SMA/MA Kelas XI terhadap kurikulum 2013, (2) mendeskripsikan struktur makro wacana dalam materi ajar kimia SMA/MA Kelas XI pada konsep hidrolisis garam, dan (3) mendeskripsikan proposisi yang berpotensi kesalahan konsep yang terdapat dalam materi ajar kimia SMA/MA Kelas XI pada konsep hidrolisis garam. Buku teks yang digunakan adalah buku teks A karangan Ungggul Sudarmo yang diterbitkan oleh Erlangga dan buku teks B karangan Suparmin dkk diterbitkan oleh Mediatama. Instrumen yang digunakan ada 3 yaitu (1) matriks kesesuaian label konsep dengan teks asli, (2) matriks identifikasi proposisi makro-mikro dan model makro wacana, dan (3) tabel proposisi yang menimbulkan kesalahan konsep. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa label konsep yang terdapat pada buku teks A dan buku teks B masing-masing berjumlah 15 label konsep dan 16 label konsep. Ditinjau dari kesesuaian dengan kurikulum 2013, label konsep buku teks A dan buku teks B sesuai dengan kurikulum 2013. Label konsep yang sama terdapat pada buku teks A dan buku teks B berjumlah 13 label konsep dan sesuai dengan kurikulum 2013. Struktur makro wacana pada buku teks A pembahasan konsep pada dimensi elaborasi mencapai level 4 dan dimensi progresi pada level 2 terdapat 2 konsep, sedangkan pada buku teks B pembahasan konsep pada dimensi elaborasi mencapai level 4 dan dimensi progresi pada level 2 terdapat 2 konsep. Proposisi yang berpotensi kesalahan konsep pada buku teks A yaitu pada contoh soal tidak dituliskan rumus untuk menghitung pH larutan dan rumus untuk menghitung mol. Proposisi yang berpotensi kesalahan konsep pada buku teks B yaitu terdapat kesalahan penulisan pada rumus hubungan Kh dengan Ka dan Kw dan penulisan pada rumus menghitung [H+].

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Buku Teks, Label Konsep, Struktur Makro, Kesalahan Konsep (Miskonsepsi), Hidrolisis Garam
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: Inda Inda
Date Deposited: 19 Feb 2020 10:09
Last Modified: 19 Feb 2020 10:09
URI: http://repository.upr.ac.id/id/eprint/240

Actions (login required)

View Item View Item