HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN CARA BELAJAR YANG EFEKTIF KELAS XI SMA ISEN MULANG PALANGKA RAYA

KURNIA ANTUNG JULEHA, AFB114006 and Dr. JOSEF DUDI,M.Si, 19521217 198611 1 001 and CHRISTINE CAROLINE,S.Psi,Psi, 19760929 200501 2 003 (2019) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN CARA BELAJAR YANG EFEKTIF KELAS XI SMA ISEN MULANG PALANGKA RAYA. S1 thesis, UNIVERSITAS PALANGKA RAYA.

[img] Text
S1-2019-AFB114006-complete.pdf

Download (10MB)
[img] Text
S1-2019-AFB114006-title.pdf

Download (98kB)
[img] Text
S1-2019-AFB114006-tableofcontent.pdf

Download (52kB)
[img] Text
S1-2019-AFB114006-abstract.pdf

Download (69kB)
[img] Text
S1-2019-AFB114006-introduction.pdf

Download (78kB)
[img] Text
S1-2019-AFB114006-conclusion.pdf

Download (69kB)
[img] Text
S1-2019-AFB114006-bibliography.pdf

Download (68kB)

Abstract

ABSTRAK KURNIA ANTUNG JULEHA. 2019. Hubungan Antara Motivasi Belajar dengan Cara Belajar yang Efektif siswa kelas XI di SMA Isen Mulang Palangka Raya. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Palangka Raya, Pembimbing: (I) Dr. Josef Dudi, M.Si ; Pembimbing (II) Christine Caroline, S.Psi, Psi. Kata Kunci : Motivasi Belajar, Belajar Efektif Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Hubungan Antara Motivasi Belajar Siswa dengan Cara Belajar yang Efektif Kelas XI SMA Isen Mulang Palangka Raya, dengan jumlah siswa seluruhnya adalah 12 orang siswa. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan angket motivasi belajar siswa dan angket belajar efektif. Angket disebarkan pada siswa dan siswa mengisi sesuai dengan pilihan mereka. Sehingga diperoleh motivasi belajar siswa dengan skor rata-rata 31,3 yang tergolong kedalam kategori sedang dan belajar efektif dengan skor rata-rata 33,9 yang tergolong kedalam kategori tinggi. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan rumus korelasi Product Moment Pearson untuk meneliti hubungan antar variabel yang dihipotesiskan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar siswa dengan cara belajar yang efektif kelas XI SMA Isen Mulang Palangka Raya. Hal ini terbukti dari hasil penelitian dimana nilai korelasi Product Moment diperoleh harga rhitung sebesar 0,737, sedangkan harga rtabel dengan N=10 pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,632. Jika di masukan kedalam kriteria keberartian korelasi Guilford 0,737 terletak pada kategori tinggi. Dengan demikian maka hasil hipotesis yang mengatakan bahwa’terdapat hubungan yang positif antara variabel motivasi belajar siswa dengan cara belajar yang efektif kelas XI SMA Isen Mulang Palangka Raya diterima atau terbukti kebenarannya’.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Belajar Efektif
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Bimbingan Konseling
Depositing User: KURNIA ANTUNG JULEHA KURNIA
Date Deposited: 15 Jan 2020 08:25
Last Modified: 15 Jan 2020 08:25
URI: http://repository.upr.ac.id/id/eprint/24

Actions (login required)

View Item View Item