HUBUNGAN ANTARA FASILITAS BELAJAR DAN SIKAP DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IX MTS MUSLIMAT NU PALANGKA RAYA

Utin Desi Rohmawati, ACA 115 004 and Syahrianah Syahran, 19541122 198303 2 001 and Janu Pinardi, 19591110 198903 1 005 (2020) HUBUNGAN ANTARA FASILITAS BELAJAR DAN SIKAP DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IX MTS MUSLIMAT NU PALANGKA RAYA. ["eprint_fieldopt_thesis_type_S1" not defined] thesis, Universitas Palangka Raya.

[thumbnail of S1-2020-ACA115004-complete] Text (S1-2020-ACA115004-complete)
S1-2020-ACA115004-complete.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of S1-2020-ACA115004-title] Text (S1-2020-ACA115004-title)
S1-2020-ACA115004-title.pdf

Download (101kB)
[thumbnail of S1-2020-ACA115004-tableofcontent] Text (S1-2020-ACA115004-tableofcontent)
A1-2020-ACA115004-tableofcontent.pdf

Download (90kB)
[thumbnail of S1-2020-ACA11504-abstrack] Text (S1-2020-ACA11504-abstrack)
A1-2020-ACA115004-abstrack.pdf

Download (483kB)
[thumbnail of S1-2020-ACA115004-introduction] Text (S1-2020-ACA115004-introduction)
S1-2020-ACA115004-introduction.pdf

Download (100kB)
[thumbnail of S1-2020-ACA115004-conclusion] Text (S1-2020-ACA115004-conclusion)
S1-2020-ACA115004-conclusion.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of S1-2020-ACA115004-bibliography] Text (S1-2020-ACA115004-bibliography)
S1-2020-ACA115004-bibliography.pdf

Download (89kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika sebagian besar siswa di kelas IX MTs Muslimat NU Palangka Raya tergolong rendah, tidak dimanfaatkannya fasilitas belajar dan sikap siswa yang kurang menyenangi pelajaran matematika. Tujuan penelitian untuk mengetahui: 1) Hubungan antara fasilitas belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas IX MTs Muslimat NU Palangka Raya. 2) Hubungan antara sikap siswa dengan hasil belajar matematika siswa kelas IX MTs Muslimat NU Palangka Raya. 3) Hubungan antara fasilitas belajar dan sikap siswa dengan hasil belajar matematika siswa kelas IX MTs Muslimat NU Palangka Raya. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX MTs Muslimat NU Palangka Raya yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah 119 siswa, sedangkan sampel diambil dari seluruh populasi. Teknik pengumpulan data fasilitas belajar dan sikap siswa diperoleh dengan pemberian angket, sedangkan hasil belajar matematika diperoleh dari pemberian tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar angket dan tes. Sebelum digunakan instrumen diuji coba di MTs An-Nur Palangka Raya yang berjumah 50 siswa. Dari hasil uji coba diperoleh untuk angket fasilitas belajar dari 35 pernyataan 22 valid dengan koefisien reliabilitas sebesar = 0,78 dengan kriteria tinggi, sedangkan untuk angket sikap dari 35 pernyataan 23 valid dengan koefisien reliabilitas sebesar = 0,75 dengan kriteria tinggi, dan untuk tes hasil belajar matematika dari 35 soal 29 valid dengan koefisien reliabilitas = 0,87 dengan kriteria sangat tinggi. Berdasarkan hasil uji prasyarat analisis statistik parametrik untuk uji normalitas data fasilitas belajar diperoleh 2hitung = 4,85, data sikap diperoleh 2hitung = 10,68, dan data hasil belajar matematika 2hitung = 4,44. Adapun koefisien 2tabel dengan dk = 8-2-1=5 yaitu 11,07 dan dk = 7-2-1=4 yaitu 9,59. Koefisien-koefisien 2hitung dibandingkan dengan 2tabel, diperoleh 2hitung 2tabel yang berarti semua data berdistribusi normal. Dari hasil pengujian hipotesis, dapat disimpulkan: (1) Ada hubungan positif yang signifikan antara fasilitas belajar dengan hasil belajar matematika dengan koefisien korelasi sebesar 0,26 dan menyumbang terhadap hasil belajar matematika sebesar 19%; (2) Ada hubungan positif yang signifikan antara sikap dengan hasil belajar matematika dengan koefisien korelasi sebesar 0,23 dan menyumbang terhadap hasil belajar matematika sebesar 12%;(3) Ada hubungan positif yang signifikan antara fasilitas belajar dan sikap dengan hasil belajar matematika dengan koefisien korelasi sebesar 0,31 dan menyumbang terhadap hasil belajar matematika sebesar 29%.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_S1" not defined])
Uncontrolled Keywords: Fasilitas Belajar, Hasil Belajar Matematika, Sikap
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Matematika
Depositing User: Utin Desi Rohmawati ACA 115 004
Date Deposited: 19 Feb 2020 10:09
Last Modified: 19 Feb 2020 10:09
URI: http://repository.upr.ac.id/id/eprint/234

Actions (login required)

View Item View Item