IDENTIFIKASI KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL INVERS MATRIKS DIKELAS XI SMA NEGERI 3 PALANGKA RAYA

Supiati, ACA 115 066 and H.M.Hamdani, 19600520 198603 1 005 and Pancarita, 19600921 198503 2 007 (2020) IDENTIFIKASI KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL INVERS MATRIKS DIKELAS XI SMA NEGERI 3 PALANGKA RAYA. S1 thesis, Universitas Palangka Raya.

[img] Text (S1-2020-ACA115066-complete)
S1-2020-ACA115066-complete.pdf

Download (6MB)
[img] Text (S1-2020-ACA115066-title)
S1-2020-ACA115066-title.pdf

Download (20kB)
[img] Text (S1-ACA115066-tableofcontent)
S1-2020-ACA115066-tableofcontent.pdf

Download (16kB)
[img] Text (S1-2020-ACA115066-abstract)
S1-2020-ACA115066-abstract.pdf

Download (264kB)
[img] Text (S1-2020-ACA115066-introduction)
S1-2020-ACA115066-introduction.pdf

Download (217kB)
[img] Text (S1-2020-ACA115066-conclusion)
S1-2020-ACA115066-conclusion.pdf

Download (187kB)
[img] Text (S1-2020-ACA115066-bibliography)
S1-2020-ACA115066-bibliography.pdf

Download (9kB)

Abstract

Pada saat belajar siswa seringkali mengalami kesalahan dalam menyelesaikan soal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal invers matriks di kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 3 Palangka Raya serta (2) mengetahui faktor penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal invers matriks di kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 3 Palangka Raya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 37 siswa kelas XI MIPA 3 dan dipilih 4 siswa sebagai subjek wawancara. Pelaksanaan penelitian dimulai dari bulan September 2019 – November 2019. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal invers matriks pada umumnya terletak pada: (1) Kesalahan fakta, kesalahanan yang dilakukan siswa yaitu tidak menuliskan apa yang diketahui dan ditanya serta tidak menuliskan simbol matriks“[ ]”. Faktor penyebabnya siswa tidak ingat menulis simbol-simbol matematika yang ada pada invers matriks. (2) Kesalahan konsep, siswa kurang mampu memahami materi prasyarat yaitu operasi matriks dan determinan matriks. Faktor penyebabnya siswa tidak dapat mengingat materi yang diajarkan sebelumnya. (3) Kesalahan operasi, kesalahan yang dilakukan siswa dalam menjumlahkan dan mengalikan dengan benar serta siswa kurang teliti dalam menuliskan hasil akhir. Faktor penyebabnya kurangnya ketelitian siswa dalam menerapkan operasi yang tepat. (4) Kesalahan prinsip, kesalahan yang dilakukan siswa dalam menggunakan rumus dan teorema tidak tepat dalam menjawab soal. Faktor penyebabnya siswa tidak mengetahui rumus dan teorema invers matriks.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Identifikasi, Kesalahan, Invers Matriks
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Matematika
Depositing User: Supiati Supiati ACA 115 066
Date Deposited: 19 Feb 2020 10:09
Last Modified: 19 Feb 2020 10:09
URI: http://repository.upr.ac.id/id/eprint/232

Actions (login required)

View Item View Item