Penerapan Model Pembelajaran Tipe Student Team Archievment Division (STAD) pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel di Kelas X SMA Negeri 1 Tewah Tahun ajaran Ajaran 2019/2020

Ayu indah lestari, ACA 114 067 and Demitra, 196509261990032001 and Walter punding, 195906091985031001 (2020) Penerapan Model Pembelajaran Tipe Student Team Archievment Division (STAD) pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel di Kelas X SMA Negeri 1 Tewah Tahun ajaran Ajaran 2019/2020. S1 thesis, Universitas Palangka Raya.

[img] Text (S1-2020-ACA114067-complate)
S1-2020-ACA114067-complate.pdf

Download (6MB)
[img] Text (S1-2020-ACA114067-title)
S1-2020-ACA114067-title.pdf

Download (112kB)
[img] Text (S1-ACA114067-tableofcontent)
S1-2020-ACA114067-tableofcontent.pdf

Download (91kB)
[img] Text (S1-2020-ACA114067-abstarct)
S1-2020-ACA114067-abstract.pdf

Download (337kB)
[img] Text (S1-2020-ACA114067-introducation)
S1-2020-ACA114067-Introducation.pdf

Download (159kB)
[img] Text (S1-2020-ACA114067-conclusion)
S1-2020-ACA114067-conclusion.pdf

Download (11kB)
[img] Text (S1-2020-ACA114067-bibliography)
S1-2020-ACA114067-bibliography.pdf

Download (139kB)

Abstract

ABSTRAK Lestari, Indah Ayu. 2020. Penerapan Pembelajaran Kooferatif Tipe STAD pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel di Kelas X SMA Negeri 1 Tewah. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan MIPA, FKIP Universitas Palangka Raya. Pembimbing (1) Dr. Demitra, M.Pd, (2) Drs. Walter Punding, M.Pd. Kata Kunci : kooperatif tipe STAD, SPLTV Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang aktifnya siswa saat mengikuti pembelajar matematika pada Materi SPLTV yang hanya 53,12% yang mencapai KKM sekolah. Hal ini disebabkan oleh kurangnya motivasi dan minat belajar siswa serta lemahnya pemahamaan siswa terhadap materi yang diajarkan salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar matematika adalah pembelajaran kooperatif tife STAD. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran dan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah proses penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi SPLTV Penelitian ini menggunakan Pendekatankualitatif- kuantitatif dengan metode penelitian Deskriptif. Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus – Desember 2019 . subjek penelitian adalah siswa kelas X mia-3 SMA Negeri 1 Tewah tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 29 siswa. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi aktivitas guru dan siswa ,dan tes akhir berjumlah 4 soal. Soal tes akhir ditelaah oleh tiga orang rater yang terdiri dari dua dosen program studi Pendidikan matematika FKIP Universitas Palangka Raya dan seorang guru bidang studi Matematika Kelas X SMA Negeri 1 Tewah. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara keseluruhan aktivitas guru dan siswa telah terlaksana dengan baik dan sesuai dengan langkah-langkah pada RPP disusun sehingga tercipta hubungan yanginteraktif dan komunikatif .ketuntasan klasikal dan tingkat ketercapaian pada setiap pertemuan mengalami peningkatan seiring dengan meningkatnya perolehan penghargaaan kelompok yang memperoleh predikat tim istimewa,tiga kelompok memperoleh tim baik, dan dua kelompok memperoleh tim baik sekali. Hasil belajar siswa berupa tes akhir diperoleh ketuntasan belajar siswa selalu mengalami peningkatan dan pada tes akhir memperoleh 88,88% sudah memenuhi bahkan melebihi KKM dengan kriteria “sangat tercapai” disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat digunakan seagai salah satu alternatif dalam pembelajaran matematika pada materi SPLTV kelas X SMA Negeri 1 Tewah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Penerapan, pendekatan kooperatif, STAD, SPLTV
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Matematika
Depositing User: ayu indah lestari ACA 114 067
Date Deposited: 19 Feb 2020 10:09
Last Modified: 19 Feb 2020 10:09
URI: http://repository.upr.ac.id/id/eprint/231

Actions (login required)

View Item View Item