ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI PERTIDAKSAMAAN KUADRAT KELAS X SMA NEGERI 4 PALANGKA RAYA

Dini Sentia, ACA115032 and Drs.H.Janu Pinardi, M.Si, 19591101989031005 and Dra. Karlinah Salamanya, M.Pd, 195712251982032001 (2020) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI PERTIDAKSAMAAN KUADRAT KELAS X SMA NEGERI 4 PALANGKA RAYA. S1 thesis, UNIVERSITAS PALANGKA RAYA.

[img] Text (S1-2020-ACA115032-complete)
S1-2020-ACA115032-complete.pdf

Download (8MB)
[img] Text (S1-2020-ACA115032-title)
S1-2020-ACA115032-title.pdf

Download (63kB)
[img] Text (S1-2020-ACA115032-tableofcontent)
S1-2020-ACA115032-tableofcontent.pdf

Download (124kB)
[img] Text (S1-2020-ACA115032-abstract)
S1-2020-ACA115032-abstract.pdf

Download (27kB)
[img] Text (S1-2020-ACA115032-intoduction)
S1-2020-ACA115032-intoduction.pdf

Download (86kB)
[img] Text (S1-2020-ACA115032-conclusion)
S1-2020-ACA115032-conclusion.pdf

Download (11kB)
[img] Text (S1-2020-ACA115032-blibliography)
S1-2020-ACA115032-bilbliography.pdf

Download (9kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dalam menyelesaikan suatu soal cerita pertidaksamaan kuadrat. Menurut Newman tahapan-tahapan tersebut meliputi membaca, pemahaman, transformasi, keterampilan proses, dan penulisan jawaban. Namun pada kenyataannya masih banyak siswa yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan apa yang dilakukan siswa kelas X SMA Negeri 4 Palangka Raya, (2) Untuk mengetahui penyebab siswa kelas X SMA Negeri 4 Palangka Raya dalam menyelesaikan soal cerita materi pertidaksamaan kuadrat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskritif. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri 4 Palangka Raya yang berjumlah 37 siswa. Dari sumber data tersebut dipilih 3 siswa sebagai subjek penelitian. Instrumen tes yang digunakan sebanyak 5 soal uraian yang telah ditelaah oleh tiga orang raters yang terdiri dari dua orang dosen Program Studi Pendidikan Matematika dan satu orang guru matematika SMAN 4 Palangka Raya. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan wawancara.Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi Pertidaksamaan kuadrat berdasarkan Newman secara garis besar dapat dijabarkan yaitu kesalahan memebca dimana siswa tidak tepat mengartikan kedalam simbol matematika, kesalahan pemahaman dimana siswa tidak tepat dalam menuliskan diketahui dan ditanyakan, kesalahan transformasi dimana siswa tidak bisa mengartikan masalah dalam bentuk kalimat matematika, kesalahan keterampilan proses dimana siswa tidak dapat mengaplikasikan rumus, dan kesalahan penulisan jawaban dimana siswa tidak dapat menuliskan kesimpulan dengan tepat, (2) Penyebab kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi pertidaksamaan kuadrat berdasarkan Newman dapat dijabarkan yaitu kurangnya ketelitian siswa dalam membaca soal cerita, kurang teliti terhadap penulisan informasi yang diketahui dan ditanyakan, siswa kesulitan mentransformasi soal tersebut, siswa kurang dapat menyelesaikan soal tersebut, dan kurangnya ketelitian siswa dalam prnulisan jawaban akhir.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Analisis kesalahan, Pertidaksamaan Kuadrat
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Matematika
Depositing User: Dini Sentia ACA115032
Date Deposited: 19 Feb 2020 10:09
Last Modified: 19 Feb 2020 10:09
URI: http://repository.upr.ac.id/id/eprint/229

Actions (login required)

View Item View Item