PENGEMBANGAN PERANGKAT PRAKTIKUM BIOLOGI BERBASIS BIODIVERSITAS LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SEKOLAH LANJUTAN DI KALIMANTAN TENGAH

Neneng, Liswara and Sunariyati, Siti and Gunawan, Yohanes Edy (2015) PENGEMBANGAN PERANGKAT PRAKTIKUM BIOLOGI BERBASIS BIODIVERSITAS LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SEKOLAH LANJUTAN DI KALIMANTAN TENGAH. Project Report. Universitas Palangka Raya. (Unpublished)

[img] Text
LISWARA_HB BERSAING_2015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pelaksanaan praktikum biologi di sekolah-sekolah lanjutan, baik di tingkat SMP dan SMA di Kalimantan Tengah, masih kurang optimal. Beberapa kendala yang dihadapi antara lain minimnya fasilitas laboratorium, alat dan bahan yang diperlukan untuk praktikum tidak tersedia, dan penuntun praktikum yang digunakan kebanyakan minim dalam hal upaya memfasilitasi peningkatan keterampilan proses sains siswa. Hal ini perlu mendapat perhatian khusus, dalam rangka meningkatkan minat dan kemampuan para siswa untuk mempelajari bidang sains, terutama biologi. Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat praktikum biologi untuk siswa sekolah lanjutan, yang mengacu pada 4 hal, yakni: 1) tuntutan kompetensi yang tercantum dalam Kurikulum 2013; 2) pemanfaatan muatan lokal (biodiversitas dan kearifan lokal) sebagai alternatif untuk mengatasi kendala minimnya alat dan bahan praktikum; 3) peningkatan integrasi konsep ke dalam kegiatan praktikum, dan 4) peningkatan keterampilan proses sains siswa setelah mengikuti kegiatan praktikum. Penelitian ini melibatkan 2 orang guru biologi SMP, dan 2 orang guru biologi SMA, yang berasal dari kabupaten dan kota di Kalimantan Tengah. Tujuan jangka panjang kegiatan penelitian ini adalah dihasilkannya produk berupa buku penuntun praktikum biologi untuk jenjang SMP dan SMA, yang mengadopsi potensi lokal sebagai sumber belajar, mengacu pada kurikulum terbaru, serta memuat aspek-aspek kegiatan yang dapat meningkatkan 11 keterampilan proses sains pada siswa. Tujuan jangka pendek, diharapkan pada tahun 2015 dihasilkan produk pengembangan perangkat praktikum biologi untuk semester 2, pada jenjang SMP dan SMA. Jenis penelitian yang dilaksanakan berupa penelitian pengembangan, yang menggunakan tahap-tahap “ADDIE”, yakni Analysis, Design, Develop, Implementation, and Evaluation. Tahap pertama kegiatan adalah melakukan analisis terhadap penuntun praktikum biologi yang digunakan oleh guru-guru biologi di jenjang SMP dan SMA, khusus materi semester 2. Hasil analisis, digunakan untuk merancang draft praktikum sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Draf praktikum dikembangkan, dan divalidasi kepada minimal 2 orang ahli yang terkait. Implementasi dilaksanakan dalam 2 tahapan, yakni skala kecil dan skala besar. Implementasi dilaksanakan pada masing-masing sekolah dari guru yang ikut dalam tim penelitian ini. Pada tahap implementasi akan dirancang eksperimen untuk menguji keterpakaian dan kualitas produk yang dihasilkan. Hasil tiaptiap tahap pengembangan akan di evaluasi dan direvisi, sehingga diperoleh produk perangkat praktikum yang lebih berkualitas, mudah diterapkan karena ditunjang oleh sumber daya lokal, serta mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan proses sains pada siswa.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: LISWARA NENENG
Date Deposited: 19 Feb 2020 03:15
Last Modified: 19 Feb 2020 03:15
URI: http://repository.upr.ac.id/id/eprint/224

Actions (login required)

View Item View Item