Identifikasi Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matriks Kelas XI SMA Kristen Palangka Raya

Jeno polgensius, ACA115085 and Drs. Elyasib Y. Lada, M., 195912221991031002 and Drs. Pantur Pandiangan, M.Pd, 195901211986031003 (2020) Identifikasi Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matriks Kelas XI SMA Kristen Palangka Raya. S1 thesis, Universitas Palangka Raya.

[img] Text (S1-2020-ACA115085-conclusion)
S1-2020-ACA115085-conclusion.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB) | Request a copy
[img] Text (S1-2020-ACA115085-tableofcontent)
S1-2020-ACA115085-tableofcontent.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB) | Request a copy
[img] Text (S1-2020-ACA115085-bibliography)
S1-2020-ACA115085-bibliography.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB) | Request a copy
[img] Text (S1-2020-ACA115085-introduction)
S1-2020-ACA115085-introduction.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text (S1-2020-ACA115085-title)
S1-2020-ACA115085-title.pdf

Download (24kB)
[img] Text (S1-2020-ACA115085-abstract)
S1-2020-ACA115085-abstract.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (460kB) | Request a copy
[img] Text (S1-2020-ACA115085-complete)
S1-2020-ACA115085-complete.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran matematika selama ini telah menjadi momok bagi siswa bahwa pelajaran matematika adalah pelajaran yang sulit. Hal ini menjadi salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya kemampuan belajar matematika siswa. Banyak siswa yang hasil belajar matematikanya dibawah KKM khususnya pada materi matriks. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan-kesalahan siswa kelas XI SMA Kristen Palangka Raya dalam menyelesaikan soal matriks serta faktor-faktor penyebab kesalahan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA yang berjumlah 27 siswa. Untuk mengetahui faktor penyebab siswa melakukan kesalahan, dipilih 3 siswa untuk diwawancarai dengan kriteria siswa yang banyak melakukan kesalahan dan dapat berkomunikasi dengan baik. Teknik pengumpulan data menggunkan tes tertulis dengan bentuk soal uraian dan wawancara untuk mengetahui faktor penyebab siswa melakukan kesalahan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Kemudian data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 24 siswa yang hadir mengikuti tes, masih banyak siswa yang melakukan kesalahan. Kesalahan yang dilakukan subjek penelitian: a) kesalahan fakta: salah menuliskan simbol dari invers matriks; b) kesalahan konsep: siswa kurang memahami konsep dari transpose dan adjoin matriks; c) kesalahan operasi: kesalahan dalam melakukan perhitungan yaitu salah dalam melakukan operasi determinan, kofaktor dan adjoin; d) kesalahan prinsip: siswa kurang memahami teorema dan sifat-sifat yang digunakan dalam menyelesaikan soal invers matriks. Penyebab siswa melakukan kesalahan yaitu siswa kurang memahami soal, siswa kebingungan dalam mengerjakan soal, siswa tidak paham apa yang harus dikerjakan untuk menyelesaiakan soal sehingga siswa tersebut mencontek, dan kurang memahami materi yang sudah diajarkan. Penguasaan siswa terhadap materi matriks masih lemah sehingga tidak mampu merencanakan solusi dengan tepat.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Identifikasi, Kesalahan Siswa, Matriks
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Matematika
Depositing User: Jeno Polgensius ACA115085
Date Deposited: 19 Feb 2020 03:15
Last Modified: 19 Feb 2020 03:15
URI: http://repository.upr.ac.id/id/eprint/217

Actions (login required)

View Item View Item