EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER PADA MATERI FUNGSI KOMPOSISI DI SMK NEGERI 4 PALANGKA RAYA

Agus, ACA115014 and Jackson Pasini Mairing, 197410152002121003 and Ardo Subagjo, 195909011985031002 (2020) EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER PADA MATERI FUNGSI KOMPOSISI DI SMK NEGERI 4 PALANGKA RAYA. S1 thesis, Universitas Palangka Raya.

[img] Text (S1-2020-ACA115014-complete)
S1-2020-ACA115014-complete.pdf

Download (13MB)
[img] Text (S1-2020-ACA115014-title)
S1-2020-ACA115014-title.pdf

Download (84kB)
[img] Text (S1-2020-ACA115014-tableofcontent)
S1-2020-ACA115014-tableofcontent.pdf

Download (93kB)
[img] Text (S1-2020-ACA115014-abstract)
S1-2020-ACA115014-abstract.pdf

Download (530kB)
[img] Text (S1-2020-ACA115014-introduction)
S1-2020-ACA115014-introduction.pdf

Download (175kB)
[img] Text (S1-2020-ACA115014-conclusion)
S1-2020-ACA115014-conclusion.pdf

Download (89kB)
[img] Text (S1-2020-ACA115014-bibliography)
S1-2020-ACA115014-bibliography.pdf

Download (90kB)

Abstract

Pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Kenyataan disekolah masih banyak siswa yang belum mampu memecahkan masalah khususnya masalah matematika. Faktor yang mempengaruhi rendahnya pemecahan masalah adalah pembelajaran yang diterapkan oleh guru kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk terlibat aktif dalam mengemukakan ide dan gagasan. Kondisi tersebut perlu diperbaiki dengan menerapkan suatu model pembelajaran yang membuat siswa lebih aktif yaitu model pembelajaran Numbered Heads Together yang menggunakan langkah pemecahan berdasarkan polya. Tujuan Penelitian ini sesuai dengan masalah di atas adalah untuk mengetahui Perbedaan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Antara Kelas Kontrol Dengan Kelas Eksperimen Pada Materi Fungsi Komposisi di SMK Negeri 4 Palangka Raya. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif, dengan jenis penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental. Desain yang digunakan pada penelitian ini adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Data penelitian akan dianalisis dengan teknik Uji Mann Whitney U Test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Multimedia SMK Negeri 4 Palangka Raya tahun pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah 91 orang. Peneliti mengambil kelas XI Multimedia 3 yang berjumlah 19 siswa sebagai kelas eksperimen diberikan perlakuan pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dan Kelas XI Multimedia 2 yang berjumlah 11 siswa sebagai kelas kontrol diberikan perlakuan pembelajaran yang ada disekolahan. Kedua kelas dilakukan pretest yang sudah di uji coba melalui analisis butir soal yang telah di uji coba disekolahan lain, dimana soal pretest yang digunakan adalah butir soal yang valid. Dari skor pretest diperoleh rata-rata kelas eksperimen sebesar 5,94 dan rata-rata kelas kontrol sebesar 5,318. Setelah diuji diketahui bahwa data ada yang tidak memenuhi uji prasyarat yaitu pada data Posttest ada yang tidak mengikuti distribusi normal maka uji yang dilakukan menggunakan uji non parametrik yaitu uji Mann Whitney U test. Hasil analisis dengan uji Mann Whitney U test menunjukkan bahwa U_hitung= 37 ≤ U_tabel=65, sehingga diputuskan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya ada Perbedaan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Antara Kelas Kontrol Dengan Kelas Eksperimen Pada Materi Fungsi Komposisi di SMK Negeri 4 Palangka Raya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pemecahan Masalah Matematika, Numbered Heads Together
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Matematika
Depositing User: Agus Agus Miswan
Date Deposited: 19 Feb 2020 03:15
Last Modified: 19 Feb 2020 03:15
URI: http://repository.upr.ac.id/id/eprint/216

Actions (login required)

View Item View Item