STUDI PERKEMBANGAN TINGKAT KEMAMPUAN KESEIMBANGAN STATIS KELAS I SAMPAI DENGAN KELAS V PEREMPUAN DAN LAKI-LAKI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 PANARUNG KOTA PALANGKARAYA

AKBAR SURIP, ADE114021 and Dr. Untung.F.Soan, M.Pd, 195606221985031002 and Dr. H. Kuswari, S.Pd., M.Pd, 196503191989011004 (2019) STUDI PERKEMBANGAN TINGKAT KEMAMPUAN KESEIMBANGAN STATIS KELAS I SAMPAI DENGAN KELAS V PEREMPUAN DAN LAKI-LAKI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 PANARUNG KOTA PALANGKARAYA. S1 thesis, Universitas Palangka Raya.

[img] Text
S1-2020-ADE114021-title.pdf

Download (69kB)
[img] Text
S1-2020-ADE114021-tableofcontent.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB) | Request a copy
[img] Text
S1-2020-ADE114021-complete.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
S1-2020-ADE114021-abstract.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB) | Request a copy
[img] Text
S1-2020-ADE114021-introduction.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB) | Request a copy
[img] Text
S1-2020-ADE114021-conclusion.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB) | Request a copy
[img] Text
S1-2020-ADE114021-bibliography.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Surip Akbar 2020, Studi Perkembangan Tingkat Kemampuan Statis Kelas I Sampai dengan Kelas V Perempuan dan laki-laki disekolah Dasar Negeri 1 Panarung Kota Palangka Raya, Skripsi Penjaskesrek, Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Palangka Raya, Pembimbing 1).Dr.Untung F Soan M.Pd 2). Dr. H. Kuswari S.Pd M.Pd Kata Kunci: Kemampuan, Perkembangan, dan Keseimbangan Statis Perkembangan motorik merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam perkembangan individu secara keseluruhan. Perkembangan gerak dasar dan penyempurnaannya merupakan hal penting selama masa anak-anak. Semua anak-anak, kecuali yang mengalami keterbelakangan dalam pertumbuhan dan perkembangannya mampu mengembangkan dan mempelajari berbagai macam gerak yang lebih rumit. Dari indikator kemampuan motorik yang telah dikemukakan bahwa keseimbangan kurang mendapat perhatian, selama ini secara umum guru penjas hanya menitikberatkan pada faktor kemampuan motorik yang lain. Berdasarkan latar belakang tersebut diatas maka peneliti bermaksud mengadakan penelitian tentang perbedaan keseimbangan pada anak sehingga penulis tertarik untuk mengetahui perkembangan keseimbangan statis anak kelas I sampai dengan kelas V Perempuan dan laki-laki di SDN 1 Panarung. Untuk mengumpulkan test keseimbangan statis untuk anak kelas I sampai dengan kelas V dimana tata cara test diawali dengan mneyiapkan para murid-murid silapangan unruk melakukan test pada hari yang telah ditentukan peneliti bersama dengan guru olahraga, mempersiapkan alat test yang terdiri atas stopwat/ penghitung waktu, melakukan keseimbangan statis untuk muris-murid dan melakukan tiga kali kesempatan diambil waktu yang terbaik test keseimbangan statis dengan menekukan kaki kanan disamping lutut dan posisi badan diikuti dengan sikap kapal terbang yang diangkat ketas lurus rata-rata air. Dan subjek penelitaian adalah siswa SDN-1 Panarung sebanyak 50 orang siswa. Hasil Penelitian pada perkembangan keseimbangan pada anak perempuan antara kelas I hingga kelas V di Kota Palangka Raya ditinjau dari keseimbangan statis menunjukan peningkatan di dalam perkembangan keseimbangan. Keseimbangan anak kelas I dengan kelas II pada anak laki laki ditinjau dari keseimbangan statis menunjukan keseimbangan yang menurun, pada kelas II sampai dengan kelas III peningkatan keseimbangan statis anak laki – laki menunjukan peningkatan yang lebih baik dari anak dikelas sebelumnya. Kemudian anak Kelas III sampai dengan Kelas IV mengalami peningkatan pada perkembangan keseimbangan statis dengan peningkatan yang tidak begitu besar. Sedangkan pada anak kelas IV sampai dengan kelas V peningkatan perkembangan keseimbangan meningkat dengan baik. Pada setiap anak terjadi peningkatan perkembangan keseimbangan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan, Perkembangan, dan Keseimbangan Statis
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Depositing User: Akbar Surip
Date Deposited: 18 Feb 2020 04:45
Last Modified: 18 Feb 2020 04:45
URI: http://repository.upr.ac.id/id/eprint/212

Actions (login required)

View Item View Item