PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS V SDN 1 PALANGKA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

DESITALIE, ADA 115 024 and Dr. FX. MANESA H.T., M.Pd, 19591021 198602 1 001 and Dra. SIMPUN, M.Pd, 19621128 198709 2 001 (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS V SDN 1 PALANGKA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. S1 thesis, Univesitas Palangka Raya.

[img] Text (S1-2020-ADA115024-Title)
S1-2020-ADA115024-Title.pdf

Download (65kB)
[img] Text (S1-2020-ADA115024-Tableofcontent)
S1-2020-ADA115024-Tableofcontent.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB) | Request a copy
[img] Text (S1-2020-ADA115024-Abstract)
S1-2020-ADA115024-abstract.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB) | Request a copy
[img] Text (S1-2020-ADA115024-Introduction)
S1-2020-ADA115024-Introduction.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB) | Request a copy
[img] Text (S1-2020-ADA115024-Conclution)
S1-2020-ADA115024-Conclution.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB) | Request a copy
[img] Text (S1-2020-ADA115024-Bibliography)
S1-2020-ADA115024-Bibliography.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB) | Request a copy
[img] Text (S1-2020-ADA115024-Complete)
S1-2020-ADA115024-Complete.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Desitalie. 2019. Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Make A Match Pada Siswa Kelas V SDN 1 Palangka Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Palangka Raya. Pembimbing: (1) Dr. FX. Manesa H. T., M.Pd., (2) Dra. Simpun, M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar IPA, Model Pembelajaran Make A Match Selama ini pembelajaran IPA di Sekolah Dasar masih berpusat pada guru (teacher centered) dan juga buku paket saja. Guru dalam pembelajaran terkesan mendominasi pembelajaran dan guru merupakan satu-satunya penentu arah pembelajaran. Untuk memecahkan masalah pembelajaran tersebut, maka ditetapkan alternatif tindakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, yang dapat mendorong keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran, meningkatkan keterampilan guru dan meningkatkan hasil pembelajaran IPA. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran make a match pada peserta didik kelas V SDN 1 Palangka tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Sampel penelitian adalah siswa kelas V SDN 1 Palangka tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 26 peserta didik. Data didapatkan dari tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran make a match dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas V SDN 1 Palangka tahun pelajaran 2019/2020. Pada siklus I skor rata-rata nilai pretes sebesar 51,7 dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 75. Pada siklus II skor rata-rata nilai postes sebesar 65,3 dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 91,3.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar IPA, Model Pembelajaran Make A Match
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: DESITALIE TALIE
Date Deposited: 18 Feb 2020 04:45
Last Modified: 18 Feb 2020 04:45
URI: http://repository.upr.ac.id/id/eprint/208

Actions (login required)

View Item View Item