Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X SMAN 4 Palangka Raya

Norsi, ACD115036 and Dr. Hj. Siti Sunariyati, M.Si, 19600516 198503 2 003 and Drs. H. Najamuddin, M.Si., 19640927 198903 1 004 (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X SMAN 4 Palangka Raya. S1 thesis, Universitas Palangka Raya.

[img] Text
S1-2020-ACD115036-title.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB) | Request a copy
[img] Text
S1-2020-ACD115036-tableofcontent.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB) | Request a copy
[img] Text
S1-2020-ACD115036-complete.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
S1-2020-ACD115036-abstract.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB) | Request a copy
[img] Text
S1-2020-ACD115036-conclusion.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB) | Request a copy
[img] Text
S1-2020-ACD115036-bibliography.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB) | Request a copy
[img] Text
S1-2020-ACD11536-introduction.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB) | Request a copy

Abstract

Norsi, 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X SMAN 4 Palangka Raya, Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan MIPA, FKIP, Universitas Palangka Raya. Pembimbing (1) Dr. Hj. Siti Sunariyati, M.Si (2) Drs. Najamuddin, M.Si. Kata Kunci : Problem Based Learning, Hasil belajar, Kemampuan Berpikir Kritis, Keanekaragaman Hayati. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran Biologi di SMAN 4 Palangka Raya bahwa masih kurangnya kemampuan berpikir kritis siswa. Penyebabnya antara lain adalah siswa masih kurang memperhatikan pembelajaran dan kurang fokus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X SMAN 4 Palangka Raya. Penelitian ini termasuk penelitian quasi eksperiment dengan menggunakan rancangan pretest- posstest control group desain. Penelitian dilaksanakan di dua kelas yaitu kelas X10 ( Kelas Eksperimen) dan kelas X11 (Kelas Kontrol). Pengambilan Sampel dengan menggunakan Teknik Purposive Sampling. Instrumen tes yang digunakan adalah tes obyektif pilihan ganda yang berjumlah 25 soal dengan 5 alternatif jawaban. Kemudian, data dianalisis dengan statistik parametrik dengan uji-t karena data berdistribusi normal. Penulis akhirnya mengambil kesimpulan berdasarkan hasil statistik. Hasil penelitian menunjukkan setelah diberi perlakuan kemampuan berpikir kritis diperoleh nilai rata- rata Posstest kelas eksperimen yaitu 79,03 dan nilai rata-rata posstest kelas kontrol 75,35. Hasil analisis data kemampuan berpikir kritis menggunakan uji-t diperoleh thitung > ttabel ( 1,98 > 1,69) pada taraf signifikan 5% (α= 0,05) Maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan Terdapat pengaruh signifikan dengan menggunakan Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X SMAN 4 Palangka Raya. Hal itu juga dibuktikan dari nilai rata-rata posstest siswa pada kelompok eksperimen lebih tinggi rata-rata 3,24 dibandingkan dengan kelompok kontrol rata- rata 2,96.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Hasil belajar, Kemampuan Berpikir Kritis, Keanekaragaman Hayati.
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: Norsi 036
Date Deposited: 18 Feb 2020 04:47
Last Modified: 18 Feb 2020 04:47
URI: http://repository.upr.ac.id/id/eprint/190

Actions (login required)

View Item View Item