Penerapan Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Dalam Mengikuti Bimbingan Kelompok di SMP Isen Mulang Palangka raya

Yuliani, AFB113002 and Prof. Dr Helmuth Y. Bunu, M.Pd, 195001011976031002 and Oktamia Karuniaty. S,M.Pd, 198410142008122001 (2019) Penerapan Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Dalam Mengikuti Bimbingan Kelompok di SMP Isen Mulang Palangka raya. S1 thesis, Universitas Palangka Raya.

[img] Text (S1-2013-AFB113002-title)
skripsi lengkap-dikonversi (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (555kB) | Request a copy
[img] Text
1. a Cover luar-dikonversi.pdf

Download (43kB)
[img] Text
DAFTAR ISI-dikonversi.pdf

Download (16kB)
[img] Text
3. Abstrak-dikonversi.pdf

Download (34kB)
[img] Text
9. BAB I-dikonversi.pdf

Download (153kB)
[img] Text
13. BAB V-dikonversi.pdf

Download (39kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA-dikonversi.pdf

Download (147kB)

Abstract

Interaksi sosial adalah hubungan timbal balik antara dua orang atau lebih,dan masing-masing orang yang terlibat didalamnya memainkan peran secara aktif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) gambaran umum mengenai kualitas pelaksanaan teknik sosiodrama, (2) gambaran umum kemampuan interaksi sosial siswa dalam mengikuti bimbingan kelompok, dan (3) hubungan antara kualitas pelaksanaan teknik sosiodrama dengan kemampuan interaksi sosial saat bimbingan kelompok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian dilakukan di kelas VIII SMP Isen Mulang Palangka Raya. Jumlah sampel penelitian ini adalah 48 orang. Data diperoleh dengan menggunakan wawancara dan angket/kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan analisis Korelasi Product moment, dilanjutkan dengan uji t dengan bantuan SPSS versi 25. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) Kualitas Teknik Sosiodrama yang dilaksanakan oleh peneliti dalam kategori rendah sebanyak 12 siswa (25,%), kategori tinggi sebesar 36 siswa (75,%), dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Kualitas Teknik Sosiodrama yang dilaksanakan oleh peneliti dalam kategori baik. (2) Kemampuan interaksi sosial siswa saat mengikuti bimbingan kelompok dengan kategori rendah sebanyak 7 siswa (14,6%) dan dalam kategori tinggi sebanyak 41 orang (85,3%), dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan interaksi sosial saat mengikuti bimbingan kelompok dalam kategori baik. (3) Korelasi antara kualitas teknik sosiodrama terhadap kemampuan interaksi sosial dalam bimbingan kelompok sebesar r = 0,74 dan r2 = 0,552 dengan thitung = 6,765 > ttabel = 1.68 sehingga dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dapat meningkatkan kemampuan interaksi sosial siswa SMP Isen Mulang Palangka Raya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: teknik sosiodrama, interaksi sosial, bimbingan kelompok
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Bimbingan Konseling
Depositing User: yuliani melan
Date Deposited: 24 Jan 2020 10:10
Last Modified: 24 Jan 2020 10:10
URI: http://repository.upr.ac.id/id/eprint/128

Actions (login required)

View Item View Item