Yuliani, AFB113002 and Prof. Dr Helmuth Y. Bunu, M.Pd, 195001011976031002 and Oktamia Karuniaty. S,M.Pd, 198410142008122001 (2019) Penerapan Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Dalam Mengikuti Bimbingan Kelompok di SMP Isen Mulang Palangka raya. ["eprint_fieldopt_thesis_type_S1" not defined] thesis, Universitas Palangka Raya.
![]() |
Text (S1-2013-AFB113002-title)
skripsi lengkap-dikonversi (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (555kB) | Request a copy |
![]() |
Text
1. a Cover luar-dikonversi.pdf Download (43kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI-dikonversi.pdf Download (16kB) |
![]() |
Text
3. Abstrak-dikonversi.pdf Download (34kB) |
![]() |
Text
9. BAB I-dikonversi.pdf Download (153kB) |
![]() |
Text
13. BAB V-dikonversi.pdf Download (39kB) |
![]() |
Text
14. DAFTAR PUSTAKA-dikonversi.pdf Download (147kB) |
Abstract
Interaksi sosial adalah hubungan timbal balik antara dua orang atau lebih,dan masing-masing orang yang terlibat didalamnya memainkan peran secara aktif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) gambaran umum mengenai kualitas pelaksanaan teknik sosiodrama, (2) gambaran umum kemampuan interaksi sosial siswa dalam mengikuti bimbingan kelompok, dan (3) hubungan antara kualitas pelaksanaan teknik sosiodrama dengan kemampuan interaksi sosial saat bimbingan kelompok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian dilakukan di kelas VIII SMP Isen Mulang Palangka Raya. Jumlah sampel penelitian ini adalah 48 orang. Data diperoleh dengan menggunakan wawancara dan angket/kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan analisis Korelasi Product moment, dilanjutkan dengan uji t dengan bantuan SPSS versi 25. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) Kualitas Teknik Sosiodrama yang dilaksanakan oleh peneliti dalam kategori rendah sebanyak 12 siswa (25,%), kategori tinggi sebesar 36 siswa (75,%), dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Kualitas Teknik Sosiodrama yang dilaksanakan oleh peneliti dalam kategori baik. (2) Kemampuan interaksi sosial siswa saat mengikuti bimbingan kelompok dengan kategori rendah sebanyak 7 siswa (14,6%) dan dalam kategori tinggi sebanyak 41 orang (85,3%), dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan interaksi sosial saat mengikuti bimbingan kelompok dalam kategori baik. (3) Korelasi antara kualitas teknik sosiodrama terhadap kemampuan interaksi sosial dalam bimbingan kelompok sebesar r = 0,74 dan r2 = 0,552 dengan thitung = 6,765 > ttabel = 1.68 sehingga dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dapat meningkatkan kemampuan interaksi sosial siswa SMP Isen Mulang Palangka Raya.
Item Type: | Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_S1" not defined]) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | teknik sosiodrama, interaksi sosial, bimbingan kelompok |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Bimbingan Konseling |
Depositing User: | yuliani melan |
Date Deposited: | 24 Jan 2020 10:10 |
Last Modified: | 24 Jan 2020 10:10 |
URI: | http://repository.upr.ac.id/id/eprint/128 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |