KESULITAN MAHASISWA SEMESTER I TAHUN AJARAN 2019/2020 PROGRAM STUDI PEDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS PALANGKA RAYA DALAM MEMAHAMI KONSEP TENTANG MATERI DAN PERUBAHANNYA

azizah fitria sari, azizah (2019) KESULITAN MAHASISWA SEMESTER I TAHUN AJARAN 2019/2020 PROGRAM STUDI PEDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS PALANGKA RAYA DALAM MEMAHAMI KONSEP TENTANG MATERI DAN PERUBAHANNYA. S1 thesis, Universitas Palangka Raya.

[img] Text (Skripsi Kesulitan Mahasiswa dalam memahami konspe materi dan Perubahannya)
Skripsi Kesulitan Mahasiswa Oleh Azizah Fitria Sari_reduce.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
Official URL: http://www.repository.upr.ac.id

Abstract

ABSTRAK Sari, Azizah Fitria. 2019. Kesulitan Mahasiswa Semester I Tahun Ajaran 2019/2020 Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Palangka Raya dalam Memahami Konsep tentang Materi dan Perubahannya. Skripsi Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan MIPA, FKIP, Universitas Palangka Raya, Pembimbing: (1) Nopriawan Berkat Asi, S.Si, M.Pd, (2) Maya Erliza Anggraeni S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: Kesulitan, Materi dan Perubahannya, Pemahaman Konsep. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kesulitan yang dialami Mahasiswa Semester I Tahun Ajaran 2019/2020 Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Palangka Raya dalam memahami konsep Materi dan Perubahannya. Penelitian ini melibatkan satu kelas pada mahasiswa semester I tahun ajaran 2019/2020 program studi pendidikan biologi Universitas Palangka Raya, yaitu kelas B yang berjumlah 28 orang mahasiswa. Pengambilan data ini dilakukan dalam tiga tahap pelaksanaan yang dilakukan pada tanggal 8 s/d 22 November 2019, yang terdiri dari observasi awal, tes tertulis, dan wawancara. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah kesulitan mahasiswa dalam memahami konsep dengan cara memberikan tes tertulis kepada mahasiswa secara individu dan wawancara. Data yang terkumpul kemudian dianalisis secara deskriptif berdasarkan ketuntasan belajar mengajar (KBM) yaitu 65 dan skor ideal 2,6 per indikator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 71,43% mahasiswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep materi dan perubahannya. Urutan kesulitan dalam memahami konsep dari yang tertinggi sampai terendah adalah: 1) kesulitan memahami konsep sifat wujud materi berdasarkan interaksi partikel, 2) kesulitan mendefinisikan istilah pada konsep perubahan fisika yaitu perubahan yang tidak permanen, 3) kesulitan mendefinisikan istilah pada konsep perubahan kimia yaitu perubahan yang permanen, 3) kesulitan dalam mendefinisikan unsur dan senyawa, 4) kesulitan dalam mengidentifikasi sifat fisika dan kimia materi, 5) kesulitan membedakan contoh dari wujud materi, 6) kesulitan mendefinisikan konsep materi

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing: (1) Nopriawan Berkat Asi, S.Si, M.Pd, (2) Maya Erliza Anggraeni S.Pd, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kesulitan, Materi dan Perubahannya, Pemahaman Konsep
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: AZIZAH FITRIA SARI
Date Deposited: 24 Jan 2020 10:09
Last Modified: 24 Jan 2020 10:09
URI: http://repository.upr.ac.id/id/eprint/105

Actions (login required)

View Item View Item